HD Tune Pro v.5.00 Full+Crack

HD Tune Pro 5.00 adalah versi terbaru dari HD Tune. Yang mencakup banyak fitur baru seperti,  Benchmark, mengamankan, menghapus, pengaturan AAM, penggunaan tampilan folder, disk monitor, parameter perintah baris, dan file Benchmark.

Dan saya menemukan software bagus ini beberapa bulan yang lalu, tapi baru sekarang reviewnya. Fungsi dari software ini adalah untuk mengecek “kesehatan” Hardisk.

Flashback...!!
Tepat seminggu lalu, PC saya mengalami kegagalan beroperasi alias error. Setelah mencoba diperbaiki sendiri serta googling, diketahui bahwa tersangka utamanya adalah rusaknya hardisk (HDD). Dan itu juga dibenarkan oleh tukang service. Lalu digantilah HDD yang rusak itu dengan baru.

Meski masih bagus dan dapat garansi dari yang jual, tetap saja ada keinginan untuk mengetahui sendiri bagaimanan keadaan HDD yang dipakai sekarang, masih benar-benar bagus atau ada bagian yang rusak. Kemarin googling, terus dapatlah HD Tune Pro v.5.00 ini.

Seperti biasa, sebelum install sesuatu, saya riset kecil-kecilan di dunia maya. Software ini bagus apa tidak. Terus kalau bagus, unduh di mana yang bagus...??

Pertama yang saya kunjungi adalah IDWS. Kalo softwarenya bagus, biasanya ada review-nya. Setelah di-review, biasanya banyak komentar positif. Saya langsung download software tersebut.

Dan inilah tampilan dari HD Tune Pro setelah dijalankan.



Dari gambar di atas, diketahui suhu HDD adalah 39º C yang artinya normal. Dari googling, katanya, suhu HDD yang normal adalah antara 30ºC dan 40ºC. Jika suhu dibawah 30ºC atau di atas 40ºC, akan memperpendek usia harddisk.

Ada 11 tab di HD Tune Pro yang menunjukkan berbagai fasilitas. Tapi cuma 3 tab yang sering dipakai untuk mengetahui harddisk, masih bagus apa tidak yaitu “Benchmark”, “Health”, dan “Error Scan”.

Gambar di atas menunjukkan tab “Benchmark”. Di “benchmark”, dapat diketahui berapa kecepatan transfer rate HDD. Dari gambar di atas, kecepatan transfer rate harddisk adalah 73,7 MB/s.

Untuk kecepetan transfer rate normal suatu harddisk, saya sudah googling kesana-kemari tapi tidak menemukan data pastinya berapa (pernah baca, jika cuma 40 MB/s maka patut waspada HDD itu rusak namun saya tidak terlalu yakin). Tapi kayaknya data awal bisa dijadikan patokan ke depannya. Jika nanti test lagi HDD-nya terus menunjukkan angka jauh di bawah dari yang pertama, berarti performa harddisk-nya sudah menurun.

Untuk tab “file benchmark”. Hampir tidak ada bedanya dengan “Benchmark”. “File benchmark” menunjukkan transfer rate di partisi dalam harddisk.

Kemudian tab “Health”. Gambarnya seperti di bawah ini:



“Helth” menampilkan kondisi atau kesehatan harddisk. Dan yang terakhir adalah “Error Scan”. Ini adalah patokan utama untuk menentukan harddisk masih bagus apa tidak.

Tampilan dari hasil error scan:



Dan jika ada damaged, maka yang rusak akan ditandai dengan blok berwarna merah seperti di bawah ini (gambar dari googling):



Seperti halnya kesehatan manusia, harddisk juga perlu dicek rutin (apalagi kalau ada data-data penting di HDD). Jika HDD diketahui sudah mulai menurun performanya, setidaknya bisa dilakukan backup data buat jaga-jaga seandainya tiba-tiba HDD rusak. Hilangnya data-data penting secara mendadak bisa menyebabkan kejengkelan luar biasa.

"Download HD Tune Pro v.5.00 Full+Crac"
Password: http://libra-dot-symbian60v5.blogspot.com





Artikel Terkait:


Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info
Comments
0 Comments

0 komentar: